Jejak Langkah Kami...

Kamis, 24 Juli 2008

Harga Sebuah Lukisan (Nisa)

Pembicaraan by phone, selasa siang, di taksi, pulang dari Karfur...
"Assalamualaikum.."
"Waalaikum salam... Mama Nisa?"
"ya, ada apa Bu?"
"bisa tidak kalo sekarang ke TMII? Buat persiapan pameran lukisan besok pagi nih.."
"wah.. maaf bu, sepertinya tidak bisa, ada apa ya?"
"ini, lukisan Nisa belum diberi judul dan diberi harga.."
"Ooo... emang harus ya?" (bingung... buta sama sekali soal pameran... boro-boro ngasih harga, lukisannya aja saya gak tau yang mana yang dipamerin, secar ngelukisnya di sanggar, trus langsung di bingkai dan dibawa ke taman mini...), "wah, gimana nih.. saya gak ngerti yang beginian nih.. terserah aja deh mau dikasih judul apa dan di kasih harga berapa"
"pede aja lagi, dihargain berapaa gitu.."
"emang yang lain harganya berapaan?" (aduhhh... udik banget yak.. ini harga lukisan, bu, bukan harga cabe bawang di pasar...)
"macem-macem sih, kalo yang gede, bagus, harganya 100 juta.."
"Masyaallah....." (asli kagettt... untung gak pingsan di taksi.. sambil mikir, lukisannya bagusan mana sama lukisan Nisa ya.. hihihi... )
"kalo yang agak kecil sih ada yang 17 juta, 11 juta, 5 juta, macem-macem lah.. namanya lukisan kan gak ada harga patokannya.."
"iya sih.. tapi saya bener-bener gak ngerti.. udah lah, terserah ibu aja, mau dikasih harga berapa yang manut.." (hopelessdotcom)
" jadi bener nih, terserah aja??"
"iya deh, terserah aja deh.."
"oke deh, sampai besok ya..."
pembicaraan selesai..
Dan Rabu pagi, pas saya nyampe tempat pameran, ternyata lukisan Nisa belum ada harganya.. Saya lihat lukisan yang 100 juta itu ukurannya gede (ada kali 1x2 meter), bagus sih.. tapi karena saya itu buta lukisan, ya saya bingung aja kalo ada orang yang mau beli lukisan sampai 100 juta.. gitu kali ya kalo orang ngerti seni.. Back to lukisan Nisa.. saya tetep masih bingung mau dikasih harga berapa tuh lukisan.. akhirnya saya biarin aja tanpa harga..
Selesai acara, tiba-tiba Nisa bilang ke saya:
"Bu, tadi lukisanku harganya 10 juta."
"Hahhhh... 10 juta? Emang siapa yang ngasih harga?" (kaget, bingung, ge-er, mau pingsan, campur jadi satu)
"aku sendiri.. abis tadi pas aku lihat belum ada harganya, ya udah aku tulisin aja sendiri."
Gubrrrakkksssss... pingsan beneran deh....
Oalahhh anakkuuu.... kok ya depet-dapetnya angka 10 juta itu lhoooo... pede banget kamu nakkkk....
But anyway, gak salah juga sih Nisa, kan tadi katanya harga lukisan itu gak ada patokannya... hihihi.. sah-sah aja dong kalo dia menghargai hasil karyanya dengan 10 juta.... Ternyata anak sekarang emang beda ya... lebih percaya diri.. guddd... guddd.... guddd...
Lukisan yang dihargai 10 juta oleh pelukisnya sendiri ada di sini... Enjoy the picture...

Tidak ada komentar: