Jejak Langkah Kami...

Rabu, 09 Juli 2008

Harus Bisa!!!



Apaan sih.. judulnya kok gitu banget... hihihi... ini judul buku yang baru aja saya selesaikan (baca: sampai tamat lho ya...) beberapa hari yang lalu. Komentar temen-temen saya pas saya baca buku ini di kantor atau di stasiun pas nunggu kereta: "gileee... bacaannya berat, bo..." (saya: nyengir kuda mode on)
Rule of the game: Here, I just want to share " what I see, what I read, what I feel".. from my poin of view.. once again, my own poin of view.. so, no offense pleaseeee....
Ceritanya kapan itu saya, Ayah dan Nisa ke Gramedia. Niatnya sih window shopping.. tapi sepanjang sejarah kayanya kalo window shoppingnya ke Gramedia gak pernah sukses deh, adaaa... aja yang di bawa sepulang dari sana.. hehehe...
Nah, baru aja naik ke lantai 3, di depan tangga langsung berjejer buku ini di sepanjang rak. Saya langsung melirik Ayah, deh, secara Ayah nih kayanya ngefans sama yang jadi cover buku ini. Kebetulan juga pagi sebelumnya kami baru baca ulasan buku ini di salah satu surat kabar dan sedikit menjadikan topik pembicaraan kami hari itu. Akhirnya buku ini menjadi penghuni pertama "shopping bag" kami.. hehehe (katanya window shoppingggg.......???).
Nyampe rumah, lho kok malah saya yang baca duluan.. kan tadi Ayah yang pengen? Hihihi... kebiasaan nih.. Saya membutuhkan hampir satu minggu untuk menamatkan buku ini (tebel, bo...), dan Ayah, kayanya belum baca selembarpun deh.. tapi sebenernya sama aja udah baca sih, lha wong saya udah ceritain semua isi buku ini ke Ayah kok..
Temen saya nanya: "Isinya bagus gak". Jawabnya: tergantung.. iya lah, tergantung persepsi kita selama ini terhadap tokoh yang ada di buku ini. Namanya manusia hidup, pasti ada yang suka dan tidak suka, ada yang pro dan kontra.. manusiawi sekali. Terus terang selama ini banyak sekali pemberitaan di media yang tidak proporsional dalam memberikan penilaian terhadap kinerja pemimpin kita ini. Saya kok agak risih ya dengan pemberitaan-pemberitaan itu, seolah-olah orang kok gak ada baik-baiknya sama sekali. Hasil kerjanya kok gak dihargai sama sekali, gitu.. padahal orang-orang yang ngomong ini kalo dikasih amanah yang sama belum tentu bisa lebih baik dari yang sekarang menjabat. Saya bilang ke temen saya: buku ini buat saya bisa jadi penyeimbang atas berita-berita yang ada di media. Kalo berita di koran itu katakanlah nilainya minus 1, nah dibuku ini saya ketemu nilai plus 1, jadinya skor agregatnya tetep nol. Kalo bisa diibaratkan ketika saya membaca/melihat berita yang ada di media itu seperti saya sedang nonton film, sedangkan membaca buku ini seperti saya sedang melihat "behind the scene" nya.. cerita dibalik layarnya (mungkin penggambaran saya kurang pas, tapi yah.. kira-kira begitulah...). Dengan demikian, saya berharap saya bisa netral dan berimbang dalam melihat sesuatu. Ah.. sudahlah... ngomongnya jadi berat gini....
Back to the book.. Buku ini ditulis oleh salah satu jubir presiden, berawal dari catatan-catatan kecil dari presiden.. akhirnya muncullah ide menulis buku ini. Jangan salah lho, buat saya, isinya tidak seberat bukunya, hehehe... nggak ding, maksudnya kalo ngeliat bukunya, judulnya, tokoh yang dibicarakan, kayanya kok berat banget gitu.. ngomongin negara, bo... tapi ternyata saya bisa menyelesaikannya tuh, gak terasa.. mungkin karena gaya tulisannya kali ya, mengalir, ringan, lumayan gampang dimengerti oleh orang-orang seperti saya ini.. Membaca buku ini saya seperti mendapatkan penyeimbang dari berita-berita yang selama ini beredar di media, berita-berita yang selama ini membuat saya risih. Gampangnya gini, dalam bahasa saya: misalnya di koran diberitakan kok pemerintah bla... bla... bla... sih.. (baca: ngomongin yang jelek-jeleknya), nah di buku saya merasa nemu jawabannya, oh, alasan pemerintah tuh sebenernya gini lho... trus upaya yang udah dilakukan tuh ini loh... dan seterusnya.. untuk banyak hal yang sudah terjadi selama 2004 sampai sekarang. Ada beberapa tulisan yang menonjolkan sisi "manusia" dari seorang presiden.. nilai-nilai yang dipegang selama memimpin negara ini.. dan pelajaran buat kita, bahwa sesulit apapun keadaan, kita tidak boleh menyerah.. tidak boleh jadi bangsa yang cengeng dan mudah mengeluh. Buat saya, I can take an advantage from reading this book..

Tidak ada komentar: