Jejak Langkah Kami...

Jumat, 11 Juli 2008

Nisa dan KUMON


Bukan bermaksud promosi tempat kursus matematika lho... cuma mau cerita aja tentang Nisa yang kebetulan ikut kursus matematika di lembaga ini.
Ceritanya, sekitar Agustus 2005, saya melihat ada iklan coba gratis KUMON matematika. Saya tanya Nisa, apa dia berminat untuk ikut mencobanya.. ternyata dia mau (Nisa gitu loh.. selalu merasa tertantang kalo ada sesuatu yang baru...). Sekitar 2 minggu (4x pertemuan) ikutan coba gratis, Nisa ditanya lagi, mau lanjut gak.. soalnya kalo lanjut harus bayar.. hikss.. Ternyata anaknya mau.. ya sudah, daftarlah ceritanya..
Oh, ya.. sebelum ikutan coba gratis, saya diterangin dulu all about KUMON sama pembimbing (Ibu Renny). Kesan pertama: apa gak kesian anaknya nih, tiap hari ngerjain PR mulu... trus apa gak bosen tuh anaknya.. dan sederet pertanyaan lainnya.. tapi ada satu yang bikin saya seneng.. apaan tuh? Kan sistem belajar di Kumon tuh individual, jadi naik atau gaknya level siswa sangat tergantung pada pribadi masing-masing. Tiap siswa dibuatkan target penyelesaian tiap level. Semakin rajin siswa, semakin cepet lulus.. Terus, kalo siswa berhalangan hadir, bisa ambil PR aja buat dikerjain di rumah.. jadi siswa tidak ketinggalan materi kursus. Menurut saya, ini sangat menguntungkan kita sebagai konsumen.. kalo yang pake sistem kelas kan sekali siswa gak masuk, lewat deh materi.. yang ada besok-besok bukannya tambah ngerti malah tambah bingung karena ada materinya jalan terus. So, akhirnya diputuskan Nisa ikut KUMON math deh.
Ternyata setelah ikutan KUMON, kekhawatiran saya kebanyakan tidak terjadi deh.. Buktinya Nisa bisa enjoy tuh ngerjain PR tiap hari, at least pada bulan-bulan pertama. Mungkin karena materinya dimulai pada level yang lebih rendah dari level kelasnya ya, jadi ngerjainnya semangat gitu. Nisa mulai di level 4A (setara playgroup), sementara saat masuk Nisa baru masuk TK B. Trus juga saya bisa ngerasain manfaatnya tuh, sejak ikut kursus, tingkat konsentrasi Nisa jadi bertambah. Nisa jadi bisa lebih fokus ngerjain worksheet.. Tahun pertama, Nisa naik level dengan lumayan mudah.. Tetapi ketika mulai masuk SD, waktu penyelesaian level mulai melambat, karena kegiatan di sekolah yang padat dan tingkat kesulitan KUMON yang semakin tinggi juga. Sampai puncaknya Nisa bilang mau berhenti KUMON saja (kalo tidak salah pas Nisa kelas 1 SD), karena dia bilang tidak ada manfaatnya. Akhirnya setelah diajak ngomong panjang lebar, dia bisa ngerti, dan mulai mau ngerjain KUMON lagi. Sampai sekarang mood Nisa masih up and down.. saya perhatikan kalau ketemu materi baru dan waktu penyelesaiannya lama, itu membuat dia agak drop semangatnya. Tapi kalo materinya sudah diulang beberapa kali dan waktunya cepet, mulai semangat lagi deh..
Saya tidak pernah memaksa ataupun memberikan target yang muluk-muluk (misalnya: harus berapa level di atas kelasnya) ke Nisa. Buat saya, Nisa bisa kontinyu mengerjakan KUMONnya, tidak banyak utang PR yang belum dikerjakan, itu sudah alhamdulillah, mengingat kegiatan sekolahnya juga menuntut konsentrasi yang tidak sedikit. Banyak sih yang bilang "gak kesian tuh anaknya, kapan mainnya tuh? (seperti kesan saya dulu ketika pertama kali diterangin sama Bu Renny)". Gak lah.. ngerjain KUMON kan paling butuh waktu yaaa... 15-20 menit aja, selebihnya masih bisa main kok..
Sekarang Nisa ada di level C166. Sampai saat ini, ini waktu terlama Nisa berada di suatu level... hehehe... udah setau lebih kali ada di level ini.. gara-gara moodnya gak selalu bagus.. udah gitu sekarang PRnya dikurangi, cuma 5 lembar aja sehari, biar gak bikin stress anaknya.. ya sudah lah, let it flow... kayanya sekarang Nisa lagi enjoy tuh ngerjainnya. Kapan itu saya berencana nambah PRnya, mumpung lagi libur dan moodnya lagi bagus, tapi pas konsul dengan pembimbingnya, beliau menyarankan tetap seperti ini aja..
Beberapa bulan belakangan ini Nisa juga ikut KUMON English. Sistemnya sama dengan yang math, makanya saya suka.. hihihi.. soalnya sebelum ini Nisa pernah ikut kursus bahasa inggris juga, instrukturnya native, uang kursusnya menurut bunda mahal.. tapi Nisa sering bolong-bolong masuknya. Yang ada makin banyak bolongnya makin keteteran lah dia.. di akhir term, naik level sih, tapi pas dievaluasi sendiri di rumah, kayanya sistem ini kurang cocok cuat Nisa (baca: rugi, udah bayar mahal tapi progresnya gitu-gitu aja.. hihihi...). Akhirnya berhenti deh untuk selanjutnya ikutan di KUMON aja. So far, alhamdulillah.. setiap bulan naik 1 level, sekarang ada di level A151.
Nah, ada cerita lucu nih.. kan di KUMON itu ada slogan atau something like that lah.. "KUMON MATH + ENGLISH = SUKSES" . Kalo versi Nisa lain lagi.. di belakang CBS (Catatan Belajar Siswa), ditulisin gini: "KUMON MATH + ENGLISH = SUKSES (KALO BISA..)". Hahaha... pake tanda kurung segala... pertanda dia lagi gak mood nih.. Saya sih senyum-senyum aja bacanya.. saya bilang ke Nisa, yang penting "do your best".. Beberapa bulan kemudian, ternyata tulisannya udah ganti gini: "KUMON MATH + ENGLISH = SUKSES (HARUS BISA!)". Pas baca ini saya asli ketawa ngakak... hahaha... tulisan dalam kurungnya dihapus diganti HARUS BISA... bagus lah, dia berusaha memotivasi dirinya sendiri...
Kadang-kadang Nisa bete juga sama KUMON.. kalo udah gitu, saya kasih "bonus" libur ngerjain KUMON dulu beberapa hari.. Dengan girangnya dia pasti akan ngomong gini: "Happy terus tanpa KUMONNNN....", plesetan dari iklan salah satu sabun mandi kesehatan: "Happy terus tanpa KUMANNNN....". Gubrakkkssss....

2 komentar:

Anonim mengatakan...

bunda, lagi2 kita sehati ya...saya juga kemarin barusan cerita di blog soal kumon-nya dhiya'. kayaknya putri kita banyak kesamaan ya, dhiya' juga ekskul nya melukis, sama kayak Nisa. dikenalin yuukk via blog...

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah ya, mbak... untuk sesuatu yang positif, gak ada salahnya kan kalo kita dukung..
Wah,boleh tuh, Nisa juga udah punya blog, tapi masih kosong deh kayanya..