Jejak Langkah Kami...

Jumat, 18 Juli 2008

Kereta Apiku

Kereta Apiku



Kereta apiku lari dengan kencang ; Melintas sawah bukit serta ladang
Angin mengejar mencoba menghalang;
Kereta apiku laju bagai terbang...

Inget petikan lagu di atas kan, yang dipopulerkan oleh Tasya, sekian tahun yang lalu.. Saya inget banget, hafal malah.. hihihi.. pertanyaannya adalah: masih sesuaikah penggambaran naik kereta api dalam lagu di atas jika dibandingkan dengan kenyataannya??? I don't think so.. especially for me.. regular passanger of KRL Jabotabek jurusan Manggarai-Serpong (yang ekspres lhooo....). Gimana enggak.. jadwal kereta yang tertulis dengan manisnya di loket stasiun sudirman: "SUDIRMAN EKSPRES 17.29" jarang banget bahkan hampir tidak pernah ontime. Selama lebih dari 3 tahun saya berstatus sebagai roker (rombongan kereta), bisa berangkat jam 17.45 itu udah juara banget... seringnya sih antara 17.45-18.00. Hebat kan? Yang bikin saya heran, kalau rata-rata delay kereta tuh 15-30 menit, kenapa jadwalnya gak diubah aja, jadi jam 17.45 kek atau gimana gitu, paling tidak kan memperbaiki ketepatan waktu.. (atau jangan-jangan setelah jadwalnya diubah jadi 17.45 kereta bakal dateng paling cepet jam 18.00? Hmm... bisa jadi...). Dan herannya lagi, saya perhatikan yang langganan telat tuh ya cuma kereta yang sering saya tumpangi itu, sementara untuk yang jurusan depok, bogor atau bekasi tuh rata-rata lebih ontime. Selentingan yang saya dengar di stasiun nih, katanya gara-gara penumpang jurusan Serpong tuh pada nrimo-nrimo, gak ada yang protes karena kereta sering telat, jadi ya dari hari ke hari tetep aja telat terus. Kalo penumpang yang jurusan bogor (masih kata selentingan nih..) tuh "galak-galak", makanya lebih "diperhatikan" sama yang punya kereta... Kalo selentingan itu bener, menyedihkan sekali kan.. Judulnya jadi "management by protests" dong, kalo gak diprotes gak ada perbaikan pelayanan. Lha, masak kita mesti "ngetok'ke keris" (ngeluarin keris alias marah-marah) dulu biar kereta kita gak telat-telat mulu.
Beberapa kali memang kereta sampai di stasiun sudirman tepat waktu (ya.. telat 5 menit mah buat kami udah dianggap tepat waktu), tapiii... baru jalan bentar banget, udah brenti lagi, nunggu sinyal masuk stasiun berikutnya. Ntar udah masuk stasiun, nunggu lagi antrian sinyal keluar stasiun, atau yang paling apes kalo sebelum kereta kita itu ada kereta odong-odong (kereta KRD jurusan Rangkas)... ampun deh.. mesti nunggu si odong-odong ini nyampe 2 stasiun di depan dulu baru kita bisa jalan, kalo gak gitu di tengah jalan ntar pasti brenti lagi, gara-gara tuh kereta udah hampir kesusul sama kereta kita... Jadi mana nih yang menggambarkan "kereta apiku laju bagai terbangggg..."??? (bingung sambil tengok kanan kiri..). Pengumuman.. pengumuman, kepada para penumpang dipersilahkan untuk mengetik C spasi D... capek duehhhhh.....
Terlepas dari segala kelemahan dan kekurangan si ka-er-el ini, sebenernya buat kami-kami para komuter yang mencari sesuap nasi (demi segenggam berlian dan sehektar tanah.. hehehe) di belantara ibu kota (bahasamu, mbakyuuu...), adanya transportasi massal kaya kereta api tuh sangat-sangat membantu sekali.. dengan catatan.. kalo ontime lho yaa... Bayangin aja, dari rumah menuju kantor (atau sebaliknya), kalo naik kereta tuh bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 1 jam (itu sudah termasuk ngangkot dari rumah ke stasiun dan dari stasiun naik bis ke kantor lho..). Di luar berhenti-berhenti dan nunggu kereta datang, waktu tempuh dari stasiun tanah abang s.d pondok ranji itu paling 15-20 menit aja.. Bandingin aja kalo bawa mobil sendiri (apalagi kalo pulang kantor), jarak 40 km paling cepet 1.5 jam baru nyampe.. biayanya juga lebih boros kalo bawa mobil sendiri (termasuk ongkos panggil tukang urut buat mijitin kaki dan pinggang yang pegel.. hihihi..).

Oya, selama menjadi roker, saya sering memperhatikan berbagai kejadian baik di stasiun maupun di atas kereta, baik yang dialami orang lain maupun yang saya alami sendiri. Karena kereta yang ke serpong ini gak pake sistem nomor kursi, jadilah calon penumpang berebut sesuai dengan hukum rimba.., awal-awal dulu saya naik kereta, saya sering gak dapet duduk, karena tempat saya berdiri menunggu tidak tepat di depan pintu kereta yang terbuka (di tiap gerbong ada 4 pintu, tapi yang terbuka cuma 2). Lama-lama saya (dan penumpang lain juga) ngapalin juga tempat-tempat "strategis" buat menunggu. Sekarang saya udah punya tempat nunggu yang sering tepat di depan pintu (paling geser-geser dikit, masih kekejar lah kalo mau rebutan dengan yang lain..) .. hasilnya, sekarang saya jarang berdiri lagi di kereta.. hehehe... Tapi ada juga lho yang bikin saya prihatin.. Di tiap gerbong ada beberapa kursi yang khusus buat wanita hamil, manula dan invalid person. Tapi, biar juga udah jelas-jelas ada tulisannya, tetep aja masih sering ngeliat bapak-bapak yang (pura-pura?) tidur sementara di depannya ada ibu-ibu hamil gak dapet tempat duduk. Wakss... Pak, pak.. tulisan "khusus wanita hamil"nya kurang besar ya??? Salut tuh buat beberapa ibu hamil yang berani memperjuangkan haknya.. dan langsung bilang "pak, maaf, ini kursi buat ibu hamil...". Kita yang ngeliat biasanya senyum-senyum aja kalo ada bapak-bapak yang "diusir" gitu... Hmmm... emang enakkkk?????

Kejadian lain lagi yang selalu saya perhatikan adalah ketika kondektur memeriksa tiket.. hayooo.. siapa yang gak punya tiket... Kalo di kereta ekspres sih saya jarang ngeliat orang yang dengan sengaja gak punya tiket (atau saya yang gak tau ya??), yang kadang-kadang terjadi ada penumpang yang harusnya naik kereta ekonomi tapi nekat (atau gak sengaja) naik yang ekspres. Kalo udah ketangkep, treatment dari kondektur juga beda-beda lho.. ada yang langsung disuruh turun di stasiun berikutnya, ada yang langsung di denda, ada juga yang dibiarin aja.. saya gak tau sebenernya aturannya tuh gimana.. kayanya sih pake judgement juga.. Nah, kalo pas naik ka-er-el ekonomi, sering tuh liat penumpang pada "bayar ditempat" ke kondekturnya.. padahal harga tiket di loket dengan di kondektur selisihnya cuma gopek lho.. gopek sekarang dapet apaan? gorengan aja gak dapet.. Prihatin aja liatnya. Pantesan sering ada kecelakaan kereta api, lha wong uang tiket yang seharusnya bisa dipake buat perawatan fasilitas kereta malah masuk ke kantong-kantong orang yang tidak bertanggungjawab.. Pak kondektur, kalo kapeka lagi "iseng", sampeyan bisa ditangkep lhooo.... (jawab pak kondektur: kapeka itu makanan apa ya Bu??? hihihi....). Belum lagi penumpang yang nekat bertaruh nyawa (punya nyawa dobel ya mas?), duduk di atap gerbong kaya yang ini nih...

Mungkin banyaknya penumpang yang tidak mau bayar tiket dengan baik dan benar tuh terkait erat dengan lagu yang sejak kecil udah mendarah daging pada setiap anak indonesia kali ya. Anak mana coba yang gak kenal lagu ini:


Naik kereta api tut..tut..tut... Siapa hendak turut.. Ke Bandung, Surabaya..
Bolehlah naik dengan percuma.. Ayo kawanku lekas naik, keretaku tak berhenti lama...

Setau saya, percuma itu sama dengan gratis kan ya? Wahh.. dari kecil aja lagunya udah nyuruh naik kereta gratisan, makanya bener-bener diterapkan tuh pas udah gede... hehehe... pengennya gratis mulu. Makanya pada bayar dong, biar bisa beli kereta lebih banyak lagi, biar gak usah naik-naik di atap gara-gara gak ada tempat di dalem gerbong... peace maaannnn.....


Ahhh... akhirnya, meskipun saya sering menggerutu panjang pendek dengan kondisi kereta api yang saya lihat dan alami sehari-hari.. meskipun kenyataannya naik kereta ekspres jabotabek jauuuuhhhh banget dengan syair lagunya Tasya, tetep aja sampai saat ini saya masih setia menjadi salah satu kontributor tetap bagi kelangsungan hidup perkeretaapian negeri kita (sippp...sippp...bahasanya dapet dari mana nih?). Semoga deh ke depannya saya gak perlu ngomel-ngomel lagi gara-gara kereta telat, gara-gara ada kereta anjlok, gara-gara liat orang pada nyogok kondektur, gara-gara kondektur terima suap dari penumpang, gara-gara sinyal rusak.. dan seterusnya, dan seterusnya.... Amin


Tidak ada komentar: