Jejak Langkah Kami...

Selasa, 08 Juli 2008

Happy Reading...

Belakangan ini saya seperti menemukan kembali hobi lama yang sempat sekian lama terlupakan.. Iya, duluuuu... sebelum menikah, saya tuh betah banget kalo baca buku.. mulai jamannya Lima Sekawan, Malory Towers dan Trio Detektif ketika saya SD, kemudian SMP saya mulai baca Agatha Christie dan Senopati Pamungkas, terus berlanjut SMA mulai deh novel-novelnya Mira W dan Marga T, Shidney Sheldon dan John Grisham. Novel-novel ini masih tetep saya baca ketika saya kuliah dan awal-awal bekerja. Tetapi sejak menikah sampai dengan beberapa waktu yang lalu, sepertinya hobi yang satu ini seolah-olah tenggelam diantara banyak hal yang harus saya kerjakan.. apalagi saat itu status saya adalah istri, ibu, mahasiswi, pegawai... mana sempetttt.... Baca sih tetep.. apa aja juga saya baca, kebetulan Ayah juga suka membeli buku (tetapi seringnya bosen baca sampe habis.. hehehe..). Tapi kok kayanya saya gak dapet "soul" nya gitu... mungkin karena bacanya gak diniatin kali ya, jadi sambil lalu aja...

Pas Nisa umur-umur 5 bulan, Ayah mulai beliin buku-buku yang banyak gambarnya buat Nisa. Sejak itu, saya mulai intens baca lagi, tapi bukan buat saya sendiri, tapi buat Nisa.. Ritual tiap menjelang tidur adalah membacakan buku.. Karena kebutuhan itu, mulai deh budget belanja buku hampir semuanya buat Nisa. Malah pernah saya saking pengennya punya 1 set buku yang harganya cukup menguras kantong untuk ukuran tahun 2002 (sampai sekarang juga makin mahal deh kayanya... hiks...), saya mesti mengangsur selama 3 tahun.. hiks.. Tuh buku sampai sekarang masih disayang-sayang.. pokoknya harus bisa dipakai adik-adiknya Nisa juga.. hehehe... biar "cost" per anaknya lebih kecil.. Tapi alhamdulillah, bukunya bermanfaat kok, bahkan sampai sekarang kalo Nisa ada tugas dari sekolah, buku-buku itu sering jadi narasumbernya.. Yang di bawah ini baru sebagian dari buku-buku yang saya beli dengan keringat dan air mata... biyuh... biyuhhhh... bahasane....



Ini dia sebagian buku yang bikin saya ngos-ngosan bayarnya


As time goes by, tumpukan buku di rumah semakin banyak.. tapi kebanyakan ya bukunya Nisa.. kalau ada buku Ayah atau Ibu, itu pasti diktat kuliah atau buku-buku yang berhubungan dengan kuliah.. Buku untuk kesenangan? Kayanya gak kepikir deh... Tapi gak papa deh, ini kan dalam rangka menumbuhkan minat baca pada anak.. Dan saya juga tidak punya target Nisa mesti bisa baca di usia berapa... ngalir aja.. dan ternyata pas dia masuk TK A, udah lancar baca tuh.. Alhamdulillah.. mungkin kebiasaan yang kami terapkan sejak Nisa kecil punya andil juga kali yah... Sampai sekarang, teman setianya Nisa ya buku-bukunya itu.. Menurut saya, ada bagusnya juga anak senang membaca.. tapi kadang-kadang saya jadi kewalahan sendiri menyuruh Nisa untuk istirahat dari membacanya (senjata makan tuan deh kayanya.. hehehe)... Kalo sudah asyik dengan bacaannya, jangan harap deh dia tertarik untuk ikut kami belanja ke supermarket, misalnya.. dan kalau kita jalan-jalan ke mall, pasti yang dituju toko buku, even hanya liat-liat saja..


Kalo saya amati, jenis bacaan Nisa sekarang ini sudah mulai bergeser dari buku-buku yang banyak gambar, warna warni, tulisannya besar-besar, ke arah komik-komik (atau apa ya namanya) tapi yang gambarnya berwarna seperti Tintin, Seri Biografi Orang Sukses, Asterix dan Seri Educomic.. Selain itu Nisa mulai tertarik juga dengan serial Lima Sekawan, dan Malory Towers! Wah.. saya banget tuh.. jadi inget jaman-jaman kecil dulu.. Dari seluruh seri Lima Sekawan, tinggal 2 judul lagi yang dia belum punya (saya lupa judulnya apa aja), itupun beberapa kali ke toko buku, nyari belum pernah ketemu.. Yang Malory Towers kalo gak salah tinggal yang semester terakhir aja yang belum punya. Dan kebiasaannya Nisa nih, kalo ada buku berseri gitu, dia harus punya lengkap, meskipun belinya bertahap.. Nah, yang ini bikin ibunya sering garuk-garuk kepala deh..


Karena selera bacaan Nisa sudah mulai bergeser, jadilah Ayah dan Ibunya ikutan seneng.. Lho kok? Iya, soalnya sekarang ini buku-buku yang kita beli bisa dikonsumsi bersama. Ayah kan suka banget tuh sama Tintin, Asterix, Seri Biografi Orang Sukses.. Awalnya memang Ayah beli buat dibaca sendiri, tapi lama-lama Nisa ikut-ikutan baca juga.. dan jadi kecanduan juga.. Malah belakangan jadi Nisa yang lebih semangat melengkapi koleksinya.. Ayah mah.. seneng-seneng aja. Sekarang judulnya udah bisa beli buku untuk kesenangan dong... Ya iya lahhhh.... Tapi sayangnya ibu kurang seneng nih model-model buku yang begini. Ikutan baca juga sih, tapi belum semuanya.. Abis ibu lebih seneng baca yang model-model novel gitu.. bisa dibawa-bawa di tas, baca sambil nunggu kereta di stasiun.. hihihi... Trus gimana dong? Ya gak gimana-gimana.. Ibu beli aja tetralogi Laskar Pelangi, Totochan, trus buku-bukunya Kang Abik, bukunya Mbak Asma Nadia.. Beberapa judul jadi konsumsi bersama juga sama Nisa, kaya Laskar Pelangi dan Totochan. Telaten juga dia baca buku tebel yang gak ada gambarnya... Hehehe... berarti bisa dibilang Nisa tuh perpaduan antara Ayah dan Ibu, ya.. komik suka... novel hayuh juga... Kalo buku pelajaran? Suka juga tuh.. kadang malah minta beliin buku pelajaran buat kelas yang di atasnya.. trus dikerjain, ntar kalo gak bisa, nanya.. Mudah-mudahan tetep seneng baca sampe gede nanti ya Nak....


Saya masih punya satu keinginan berkaitan dengan hobi bersama ini, yaitu pengen punya library corner, yang nyaman, yang bikin betah baca, yang bukunya tertata rapi berdasarkan jenis buku, gitu.. soalnya sekarang ini rak bukunya terbatas.. perasaan kemaren itu abis nambah rak, eh.. sekarang udah penuh lagi.. sementara yang masih dikardus bayak juga.. takutnya kalo kelamaan dikardusin bukunya jadi rusak.. belum lagi tabloid-tabloid masak yang bertebaran di mana-mana (tau dong sama hobi saya yang satu ini... rajin mengumpulkan tapi jarang mencoba.. hehehe). Kalo nambah rak terus, rumahnya jadi penuh... pengennya punya rak yang customise, simpel, ringkas, tapi muat banyak buku dan bisa disesuaikan dengan ruangan kita alias gak bikin rumah kita keliatan penuh barang.. (waduhh.. rikuesnya kok banyak bener yak...) ntar dulu deh, nunggu budget dulu, barangkali juga tukang furniturenya bakalan garuk-garuk kepala kalo liat daftar rikues saya... hihihi...

Tidak ada komentar: