Jejak Langkah Kami...

Senin, 14 Juli 2008

Visit the Dentists...


Sabtu kemaren jadwal Nisa ke dokter gigi, cabut gigi susu yang kesundhulan (halah... apa ya bahasa indonesianya???) dengan gigi tetapnya. Pengennya sih bisa copot sendiri, tapi setelah sekian lama digoyang-goyang gak lepas-lepas, terpaksa deh keluar ajian pamungkasnya... telp Karinta aja, bikin janji ketemu dokter Lita. Ternyata Ayah tertarik juga ke dokter gigi, mau konsultasi gigi bungsunya yang tumbuh miring. Dapet jadwal Sabtu jam 9.30. Oke deh...

Sabtu jam 9.30 tepat kami sampe ke kliniknya dokter Lita.. Nisa tetep cabut gigi, sementara ayah minta scalling alias ngebersihin karang gigi, sekalian rontgen gigi untuk tahu posisi geraham bungsunya yang bermasalah. Karang gigi beres.. terus pas dokter Lita ngeliat posisi gigi bungsunya, rekomendasinya "cabut sekarang juga, karena gigi depannya geraham bungsu udah rusak juga". Duenggggg.... o..o... ini di luar skenario nih... Tapi ya apa boleh buat lah, udah sekalian jalan, ya udah lah dok, kerjain aja...

Ternyata untuk nyabut gigi bungsu itu perlu tindakan "pembedahan".. saya sebenernya pengen nungguin Ayah yang lagi diodet-odet sama dokter Lita n asistens, tapi karena ada Nisa, takutnya Nisanya jadi trauma, akhirnya nunggu di luar aja sampe selesai. Sekali-kalinya ngintip ke kaca ruang tindakan, ayah lagi dijahit gusinya... aduhhh...kesian si Ayah, secara beliau ini sama jarum suntik aja kalo bisa menghindar, menghidar deh.. lha ini langsung dioprek mulutnya. Setelah 30 menitan, selesai deh gigi ayah dicabut. Sekarang giliran saya yang bayar ke kasir... Udah diperkirakan sih biayanya, tapi tetep aja nyesek pas geseknya... hihihi.. untungnya diganti sama kantor ayah.. meskipun mesti nunggu sebulan dulu..

Sebenernya saya juga udah bilang ke dokter Lita, kapan-kapan pengen juga diberesin giginya, soalnya kan saya ada rencana mau hamil lagi.. dan dokter Lita nyuruh rontgen dulu aja, biar tau tindakan apa aja yang akan dilakukan. Tadinya saya mah iya iya aja.. malah udah mau langsung rontgen saat itu juga. Tapi, secara gigi saya tuh parah suparah, dan liat billingnya ayah tadi bikin dada sesek, kayanya ngeberesin gigi sama dokter Lita is not a good idea deh.. gak kukuuuu bayarnya, hehehe.. bisa-bisa plafon asuransinya cuma cukup buat ngebenerin satu or dua gigi aja.. Lha yang lain gimana dwonggg... ke RS gigi di deket kantor aja deh... murah meriah... emang sih yang ngerjain koas, tapi beberapa bulan lalu saya pernah ke sana buat scalling, hasilnya tidak mengecewakan kok.. dan berdasarkan pengalaman temen-temen saya yang pernah perawatan berat di sana, so far gak ada masalah...

Oke deh... akhirnya diputuskan, kemaren saya udah ke RS Gigi dan Mulut deket kantor .. but i think yesterday was not my day... Dokter (baca: koas) yang ngerjain gigi saya tuh bukan yang waktu itu, tapi temennya.. Nah, si mbak koas yang ini sempet bikin saya dagdigdug.. kok kayanya gak yakin banget pas ngoprek gigi saya.. takutnya ada yang salah, gitu.. lama banget deh saya di sana, gigi udah diodet-odet gak keruan.. masih pula si koas ini dimaki-maki sama dosennya (OMG... saya udah lemes banget dengernya.. keep praying, hope that nothing happened to me...), karena menurut dosennya mbak koas ini terlalu cepat mengambil kesimpulan sebelum memeriksa dengan teliti, jadi dia melewatkan satu prosedur yang menurut dosennya penting, tapi udah bikin kesimpulan.. Wah.. saya sampe gak enak banget dengernya.. kesian juga sih sama mbak koas, tapi agak kesel juga gara-gara gigi ini jadi percobaan (yang kayanya) agak-agak gak sukses... hikss... Akhirnya pas dia bilang kalo harus dirujuk ke paviliun khusus (tempat drg spesialis praktek, tapi harganya mahalan) untuk perawatan syaraf, tanpa babibu lagi langsung iya aja.. udah pengen cepet-cepet kabur dari situ... sebelum kerusakan semakin parah, hihihi....

Pagi ini saya kembali mengunjungi RS Gilut, tapi langsung ke pavsus, ketemu drg yang udah punya ijazah (hihihi...), melanjutkan pemeriksaan kemaren.. Saya ditangani oleh drg spesialis konservasi gigi, drg Daru. Nah, kalo yang di sini emang tempatnya sebagaimana klinik gigi yang lain.. nyaman, trus masing-masing drg punya ruangan sendiri, ada asistennya (lha kalo yang kemaren kan satu ruangan gedeee.. kursi periksanya banyak, berjejer-jejer, ngerjainnya bareng-bareng gitu, trus ntar kalo ada yang ngerti nanya-nanya sebelahnya (ini yang bikin kuatir).. persis kaya bengkel kerja.. hehehe... Sama dokter Daru, cuma periksa-periksa sebentar, dan menurut beliau, saya gak harus menjalani perawatan syaraf, soalnya sebenernya kondisi gigi saya gak parah-parah amat... Jumat depan balik lagi dan bisa langsung tambal.. yihaaaa... senangnya hatikuuuu.... Sekalian aja bikin appointment buat ngeberesin sekalian gigi-gigi yang lain... oke, sip...sip... kayanya udah nemu tempat yang cocok deh...

Buat yang giginya belum terlanjur rusak.. ayo.. ayo.. kita jaga gigi kita baik-baik, jangan males gosok gigi sebelum tidur.. mencegah jauuuuuhhhhh lebih murah dari pada mengobati.... Gak percaya? contohnya udah ada nih... hehehe.... "KEEP YOUR TEETH HEALTHY....."

Tidak ada komentar: