Jejak Langkah Kami...

Senin, 11 Mei 2009

Ketika Profesionalisme Tukang Kue Dipertaruhkan

Sekali lagi posting tanpa foto.... hehehe.. mau cerita ajah soalnyaaaa....
Begini lho.... Dalam mengerjakan suatu pekerjaan kita dituntut professional, saya setuju banget... memang harus begitu... tapi aturan itu menjadi susah untuk diterapkan ketika perhatian dan pikiran kita sedang tersita untuk sesuatu hal lain yang sangat mendesak untuk diselesaikan... wah, bisa gak karu-karuan tuh urusannya kalo begitu... seringkali kita jadi gak fokus ke pekerjaan kita.. dan hasilnya hampir bisa dipastikan tidak sesuai dengan harapan kita.. Idealnya sih kita harus bisa memisahkan mana yang harus kita lakukan saat itu, dan mana yang harus kita pikirkan kemudian... Tapi buat saya, sering yang begini ini gak bisa terhandle dengan baik.. gimana coba, ketika load pekerjaan kantor sedang numpuk, sementara ada rikues kue mendadak.. mau gak mau ada yang mesti jadi korban kan? Dan biasanya sih yang jadi korban selalu urusan kantor... wakakaka.... ya.. you know lah.... soalnya kan urusan perkueh-an ini masih dalam tahap pengembangan, jadi wajar lah kalo butuh perhatian lebih... kalo urusan kantor..ehmmm.... gak papa kan sekali-sekali kabur... hehehe... kadang si Ayah yang protes, udah digaji gede kok kerjaannya ngilang mulu... hihihi... maunya sih dua2nya kepegang, Yah.. tapi apa daya, upik abu tangannya cuma duaaaaa.... jadilah saya bisa profesional di urusan perbakingan dan (sedikit) tidak profesional di urusan kantor.. uppsss... gak sering kok... hehehe..

Tapi yang terjadi weekend kemaren gak ada hubungannya dengan urusan kantor.. weekend, gitu lohhh... tapi pasangannya tetep urusan bikin-bikin kue, tentunya... hehehe... Jadi ceritanya, saya udah menyanggupi pesanan 3 jenis kue kering masing-masing 3 toples, untuk dikirim senin pagi. Saya pikir saya akan punya cukup waktu karena ada 2 hari libur kan.. nyatanya, waktu memang ada, tapi pikiran lagi gak fokus.. jadilah urusan perbakingan (hampir) terbengkalai... hampir menyerah dan men-delay-kan waktu pengiriman. Profesionalisme saya sebagai tukang kue wannabe sedang dipertaruhkan... wakakaka... bahasanya tinggi, bow.... biar tukang kueh tapi kan teuteup harus keren dong ah... huehehehe...

Akhirnya, syukur alhamdulillah... semuanya bisa selesai sesuai yang direncanakan, meskipun banyak terjadi accident selama 2 hari kemaren.. Mau tau?? Sabtu pagi mulai belanja bahan, nyampe rumah, kepala yang sejak beberapa hari sebelumnya sudah dipenuhi dengan urusan benang kusut yang belum tau kapan bisa dilurusin, tambah puyeng dengan perkembangan yang sepertinya semakin memburuk... Berusaha melupakan dengan mulai ngublek-ngublek tepung dan telur, akhirnya saya nyerah, susah kalo kerja tapi gak fokus.. dan mendelegasikan ke Apo dan Nur, sementara saya fokus pada upaya meluruskan si benang kusut ini... Sabtu sore, Apo nanya mau bikin kue apalagi, tapi saya cuekin... cuma saya kasih resep, tanpa instruksi apa-apa.. terserahlah mau jadinya kaya apa.. benang kusut mulai tambah kusut.. mbundhet.. harus diuraikan segera... udah gak kepikiran bikin kueh lagi.. hasilnya?? karena bekerja tanpa supervisi, hasilnya sama sekali tidak seperti yang diharapkan.. sangat mungkin saya salah ngasih resep juga.. lagi-lagi karena gak fokus... huhuhuhu....

Minggu pagi, proses menguraikan benang kusut mulai menampakkan hasil... belum begitu menggembirakan, tapi sudah bisa membuat semangat baking saya ada lagi (meski agak dipaksakan). Niatnya mau bikin cheese button, kue andalan yang belum pernah gagal... lha kok saya ini pede banget mau bikin sendiri, by my own hand.. mulai nyampur gula dan margarin plus telur... pas mulai ngocok, ada perasaan gak enak.. ternyata, bener aja, saya salah baca resep!!! Sesuatu yang belum pernah saya lakukan!!... What a day..... benang setengah kusut setengah terurai plus adonan salah resep hasilnya emosi jiwa!!! wakakaka... akhirnya nyerah lagi deh saya, kayanya saya belum boleh masuk ke dapur sebelum bisa bener-bener yakin bisa fokus... Langsung order ke Apo lagi, tapi kali ini sesekali disupervisi.. alhamdulillah sukses.... fyuhhh.. lega....

Tapi masih ada satu jenis kue lagi yang belum dibuat.. mengingat yang semalem gak layak tayang.. ngoprek resep lagi, kali ini pake resep yang udah pernah dibuat sebelumnya (tuh.. kan.. yang semalem itu emang bener-bener salah ngasih resep... dasar lagi eror... huaaaaaa....). Pas mau nyuruh Apo (belum pede mau bikin sendiri.. kalo sempet salah lagi, tamat riwayat deh.. bahannya udah pada abis soalnya...), ternyata dia mau pergi sama sodaranya..... Hahhh??? berarti I have to do this things by my own self... pede gak ya??? tapi ya harus pede dong.. hikksss... bener-bener deh, pertaruhan profesionalisme yang sesungguhnya... karena gak bisa entar-entar lagi, lha wong besok udah mesti dianter.. kalo nungguin apo, ya baru mulai setelah jam 9 malem... mana tahannnn....akhirnya dengan membaca bismillah, pelan-pelan baca resep, sampai minta Nur ikutan baca dan memastikan bawa semuanya sudah on the right track... hihihi.. kaya apa aja ya... saking desperadonya... pokoknya desperate housewife banget deh judulnya... Alhamdulillah, akhirnya semua berjalan sesuai rencana.. my baking blue is over.. and I did it!! Jam 9 malem semua udah rapi masuk kardus.. siap dianter ke pemesan... Dan bagaimana kabarnya si benang kusut?? sudah terurai dengan sempurna (insyaallah) dan masing-masing warnanya telah jelas terlihat.... Oh indahnya duniaaaa.....

Note: Kuenya belum jadi dianter karena tadi hujan deres banget... kita tunggu komentar yang mesen ya....

Tidak ada komentar: