Jejak Langkah Kami...

Senin, 18 Mei 2009

Flashback....

Sebenernya sih lagi banyak kerjaan... liat aja, berkas numpuk belum dikerjain, tapi kok ya tiba-tiba pengen nulis sesuatu... kalo gak buru-buru disalurkan bisa-bisa udah lewat moment dan hilang mood buat nulis.. sayang kannnn....

Tadi, kira-kira pas lunchtime, saya dapet telpon dari Mbak Nia, mau pesen snackbox buat rabu besok... no problemo, abis makan dan sholat, saya langsung cabut ke pasar senen buat belanja bahan-bahan yang gak ada di rumah.. thanks God, kantor saya cuma selangkah dengan pasar yang kalo nyari apa aja pasti ketemu.. udah kaya kantong doraemon aja, hehehe... jadi saya merasa sangat dimudahkan dengan kondisi saya saat ini..

Perjalanan blusukan pasar senen siang tadi seperti melemparkan ingatan saya saat pertama kali saya masuk ke pasar senen, kira-kira 3 tahun yang lalu.. Saya sama sekali tidak pernah menyangka bahwa pengalaman hari itu menjadi bagian yang tidak akan pernah saya lupakan dalam perjalanan saya sampai hari ini... titik awal yang akan membawa saya menjadi seperti sekarang ini, dari yang gak tau apa-apa menjadi seseorang yang berani menerima "tantangan" dari temen-temen dan sahabat saya untuk urusan masak-masak dan bikin-bikin kue.. meskipun, dengan segala kerendahan hati, saya mengakui sampai saat inipun saya masih pemula dalam dunia perdapuran... masih perlu banyak sekali jam terbang untuk menjadi seperti yang saya impikan...

Hmmm... kembali ke pasar senen, 3 taun lalu.... Saya asli terbengong-bengong ngeliat segala peralatan dan bahan kue yang sama sekali asing buat saya... saat itu saya hanya sebatas nganterin temen yang mau belanja bahan kue buat persiapan lebaran. Seru banget liat temen saya beli ini itu yang saya gak tau namanya... sementara itu saya juga sibuk, tapi sibuk nanya sama abang yang jual.. hehehe.. nanya ini apa, buat apa, pokoknya norak banget deh... belum lagi pas ketemu berjenis-jenis loyang, kukusan, oven dan banyakkkk banget peralatan perang di dapur yang menurut saya sangat "ajaib"... wuiihhh.. ini nih bagian lain dari dunia yang gak pernah saya bayangkan sebelumnya... I was very excited... Temen saya cerita mau bikin kue kering ini lah.. itu lah... kayanya asik banget. Saya??? Gak pernah kepikir sama sekali... saya mah ngandelin A'is aja deh.. dia kan yang udah biasa bikin kue2 kering gitu.. malah untuk lebaran, saya udah minta dia bikinin 10 toples aneka kue kering buat antaran ke mertua. Tinggal bayar, makan, beres, gak perlu nguplek di dapur.. panas.. belepotan tepung, belum lagi kalo gagal.. enggak deh... makasihhhh.... saya soalnya orang yang susah untuk menerima kegagalan... wekekekeke.....

Saya sih gak anti-anti banget masuk dapur, masak sih tetep, meskipun jarang-jarang.. hehehe.. dengan menu yang cukup standar saja. Peralatan dapur, setali tiga uang dengan selera pemiliknya.. standar banget, pokoknya asal bisa masak nasi, nyayur, goreng lauk, udah, cukup... lucky me... my hubby is real omnivora.. wahahaha... omnivora sejati, pemakan segala... jadi gak repot nyediain makan buat Ayah.. nasi panas, sambel bawang, pete goreng sama tahu atau tempe atau ikan asin, plus lalapan... udah top banget tuh buat ayah... gimana istrinya mau jadi kreatip coba??? hehehehe... piss deh Yahhhh.... Tapi, sepulang dari kunjungan perdana saya ke Pasar Senen itu, ditambah dengan obrolan dengan temen seputar urusan perdapuran dan perkuehan.. mau gak mau, saya mendapatkan pencerahan dari situ. Kayanya asik juga ya kalo bisa bikin macem-macem, masak sesuatu yang lain buat anak dan suami tertjintah... biar suami tambah termehek-mehek, gitju... hohohoho.... enggak ding... pokoknya pengen bisa mengaktualisasikan diri di dapur lah, biar kalo ngobrol diantara ibu-ibu bisa nyambung.. hehehe... Pengen sih punya dapur yang lengkap, pengen bikin apa aja tinggal buka lemari dan ambil peralatan... tapi kan butuhnya banyak banget, gak mungkin kan saya langsung beli-beli segala macem buat menuhin dapur.. bisa-bisa dipelototin suami tuh.. pasti komentarnya gini: mau dipake kapan??? hehehe.. sepertinya beliau ini sudah hopeless dengan hobi saya yang jadi pengumpul resep dari banyak tabloid dan internet tanpa pernah satupun dipraktekin... hihihi... tapi itu kan dulu Yahhhh...

Saya inget sekali, penghuni dapur saya itu hanya sebatas dandang, panci dan penggorengan plus beberapa set piring, mangkuk, gelas dan sendok garpu... peralatan untuk membuat kue gak punya sama sekali.. mikser, oven dan temen-temennya??? Jauuuhhhhh dehhhh..... Lama setelah kunjungan saya ke pasar senen, akhirnya saya memutuskan untuk beli mikser, tentunya di pasar senen juga (setelah melewati pemikiran yang panjang dan melelahkan... hahahaha... hiperbol banget..), dan percobaan pertama saya adalah bikin bolu kukus. Hasilnya?? Gagal total!!! (pssttt... sampe sekarang saya belum pernah sepenuhnya berhasil bikin si bolu kukus merekah ketawa..). Berkali-kali bikin dan berkali-kali itu juga gagal.. gak bantet, tapi gak mau mekar. Sekarang gak pernah bikin lagi, trauma, udah gitu ayah udah nyerah kalo disuruh ngabisin bederet-deret bolu kukus gagal.. udah mblenger katanya... hehehe... Trus, beberapa bulan kemudian, pas saya ulang taun kalo gak salah, Ayah kasih kejutan.. saya dibeliin oven!!! belinya nitip A'is yang mau ke Jakarta.. hehehe, teganyaaa.... jadi si A'is nih ke Jakarta sambil nenteng kardus gede banget yang ternyata isinya oven... oh indahnya duniaaa.... udah lupa apa percobaan pertama si oven.. yang jelas sampai sekarang dia ini masih setia menemani hari-hari kejar tayang saya.. tanpa pernah protes sedikitpun.. hmmm...good job!!!

Baru deh setelah punya mikser dan oven, saya mulai ngumpulin loyang dikit-dikit... mulai berani blusukan ke pasar senen sendiri demi memuaskan obsesi saya untuk punya dapur yang lengkap peralatannya.. tiap ke senen, pasti ada aja yang ditenteng.. biar cuma cetakan puding, loyang brownis, sampe kukusan yang segede punya tukang bakpao... hohoho.. niat bangetttt... Lha kok ya kebetulan, pada saat yang hampir bersamaan, saya nemu milis masak-masak yang top banget, yang dari sana saya dapet buanyaaakkkk banget ilmu, nemu banyak sekali temen, baik yang senasib, sama-sama pemula yang baru belajar masuk ke dapur, sampai dengan para pakar di bidang perkuehan.. jadi semangat deh, saya gak perlu berkecil hati, karena di sanalah saya bisa banyak belajar, banyak ngerepotin para suhu dengan pertanyaan-pertanyaan saya yang kadang-kadang gak mutu banget... hehehe, terima kasih bu Fatmah.... Satu lagi, dari milis itu juga saya jadi tau tempat-tempat yang wajib dikunjungi oleh para bakul kueh.. salah satunya di deket kantor saya lho.. wahhh... saya seperti menemukan surga belanja peralatan dan bahan kue.. yang pasti, saya sering kalap di sana... hikkkss.... Saya tiba-tiba jadi semangat banget nyari di mana lokasi toko Titan yang nun jauh di Fatmawati sana.. bela-belain turun naik busway dan nyambung metromini, siang-siang bolong.... hmmm... gak ada matinya dahhh...

Setahun lewat sejak kunjungan perdana saya ke pasar senen.... menjelang lebaran, saya pengen bikin kue kering untuk pertama kalinya... sederhana saja pikiran saya, buat oleh-oleh orang tua, mertua dan juga para asisten saya... kok ya hasilnya bagus, menurut saya lho ya..... trus iseng saya bawa ke kantor... ehhh... malah pada minta dibuatin. Ya sudlah... mulailah debut saya sebagai tukang kueh kering... gak ngoyo, 15 toples dipesan oleh temen2 saya... wuihhh... bahagianya... pas terima pembayaran tuh kayanya puassss.... banget... merasa keringet dan begadang saya dihargai orang, gitu.... Setelah lebaran, profesi saya kembali seperti semula, kegiatan membuat kue juga tergantung mood aja... kalopun bikin, itu juga buat sendiri.. oven lebih sering nagkring di atas lemari dapur dibandingkan di atas kompor, tentu saja masih kinclong.... hehehe... jarang dipake...

Menjelang ramadhan 2008 lalu, tiba-tiba A'is minta dikirimin kue kering buat di jual di Solo.. setelah saya bawain oleh-oleh 2 toples kue kering jenis pastry.. Whattt??? Yang benerrr..... mana mintanya minimal 100 toples, lagi... ya udahlah, gayung bersambut... dalam 2 minggu ngirim 100 toples, dan tanggapannya alhamdulillah gak mengecewakan... Trus lewat komunitas kantor, saya coba tawarkan kue-kue saya, secara online... ternyata responnya diluar dugaan saya.. pesanan kue kering saya sampe overload... yang jadi korban tuh A'is.. karena keterbatasan kapasitas produksi saya, A'is saya paksa untuk membuat sendiri pesanan yang datang lewat dia... hahahaha... ngamuk-ngamuk dia... tapi ya gimana lagi, saya udah bener-bener gak sanggup lagi... total sekitar 350 toples kue kering saya produksi di dapur saya yang luasnya tak lebih dari 6 meter persegi.. dengan 1 mikser cucina plus 1 oven tangkring yang saya paksa kerja keras.. kalo yang lain selama ramadhan pada taraweh di masjid, "taraweh" saya tiap hari di depan mikser dan oven.. astaghfirullahhh...

Setelah lebaran, saya sempet vakum dari kegiatan perbakingan.... kayanya mabok kue keringnya gak abis-abis deh... hehehe... break dulu ahhhh... kembali jadi abdi negara yang baik... hehehe... Ternyata, mungkin sudah jalannya kali ya, miles stone selanjutnya menuju profesi tukang kueh adalah saat ulangtaun Nisa. Saya pengen bikinin something special buat gadis saya yang jarang minta sesuatu itu... Pilihan jatuh pada goodiebag yang salah satu isinya adalah cupcakes. Rencananya mau dibagikan ke temen-temen sekelas aja. Ada sebulan kali ya saya sibuk browsing resep yang kira-kira perfect.. trus nanya ke sana kemari, mesti gimana.. wah, pokoknya hebhoh banget.. padahal cuma mau bikin 30 paket aja lho.. hehehe... memang, pengalaman pertama itu selalu bikin senewen ya... Alhamdulillah goodie bag pertama saya sukses.. dan setelah foto plus ceritanya saya upload di blog, temen-temen saya pada bilang ihh.. kuenya lucu bangettt... dan mulai deh, ada yang minta dibuatin.. dikit-dikit sih, masih dalam rangka ngelemesin tangan aja.. jualannya juga murah meriah.. Trus pernah sekali saya bawa kue tart ke kantor, itu juga hasil percobaan, pertama kalinya ngedekor kue.. tanpa kursus, hanya mengandalkan ilmu di milis dan kenekatan saya aja... hehehe... ternyata kata temen-temen enak... Alhamdulillah... Dari situ, mulai ada diversifikasi porduk, dari yang awalnya cuma kue kering aja, sekarang udah berani bikin cake, didekor, pula.... sedikit demi sedikit dapur saya mulai berproduksi di luar waktu lebaran...

Semakin ke sini, ternyata keisengan saya jadi berkembang ke arah pemikiran "kayanya boleh juga nih diseriusin...". Saya mulai nerima order dari temen-temen di luar komunitas kantor saya.. dan rata-rata mereka puas dengan apa yang saya persembahkan untuk mereka... sering juga mereka repeat order ke saya, menantang saya untuk membuat sesuatu yang belum pernah saya buat sebelumnya... hmmm... selalu ada cerita di setiap order yang berbeda... hahahaha.... Oh ya, sekarang ini variasi produk saya udah jauhhhh lebih banyak dibandingkan kemaren-kemaren lho... trennya sedang berkembang ke arah snack untuk snackbox. Di sini, saya lebih dituntut untuk profesional.. karena beda sifat makanan, beda pula penanganannya kan... kalo dulu bikin-bikin cake, bisa dibilang saya one man show.. para asisten sebatas bantuin ngoven dan nyuci-nyuci peralatan aja.. totally kreatifitas saya yang bermain... dan itu bisa dikerjakan sehari sebelum hari H pengiriman, jadi malem udah kelar semua, tinggal tidur, besok tinggal nganter. Tapi dengan karakteristik yang sekarang, gak bisa lagi kaya gitu... semuanya harus dibuat se-fresh mungkin... jadi, bangun dini hari buat ngegoreng risol atau apalah finishing pesenan udah bukan hal baru lagi... hehehe... Terus, manajemen waktu, manajemen personil harus lebih oke... ibaratnya kalo kemaren-kemaren saya kerja pake otot, sekarang lebih kerja pake otak... hehehe... pekerjaan yang bisa saya delegasikan ke para asisten, sebisa mungkin tidak saya kerjakan sendiri... saya tinggal mengorganize mereka, mengerjakan sesuai dengan urutan prioritas yang sudah saya tentukan. Masih sering kedodoran juga.. sering akrobat di dapur karena waktu udah mepet... senewen, deg-degan... tapi itu semua ilang pas denger komentar dari yang mesen kalo kuenya enak, dan pada suka....winnnkkkkk..... terbang dehhhh.....

Sekarang, saat ini, ketika saya nulis panjang lebar sebagian kecil perjalanan saya.. saya tetap tak henti-hentinya bersyukur kepada Allah, karena tidak mungkin saya bisa seperti sekarang ini kalo Ia tidak menghendakinya... Dengan memberikan saya orang-orang terdekat yang selalu mendukung saya, menyemangati saya ketika saya down, tetapi juga mengkritik saya ketika saya melakukan sebuah kesalahan... semua itu dilakukan demi kebaikan saya dan kemajuan aktivitas saya ini.. Thanks to my beloved hubby n daughter.... You're my best.... Luv U.....

Tidak ada komentar: