Jejak Langkah Kami...

Selasa, 23 Juni 2009

Sebuah Kado yang Tertunda untuk yang Tercinta...

Hanya ini yang bisa aku persembahkan di hari ulang tahun pernikahan kita, Yah... sebuah tulisan kecil yang semoga bisa jadi pengingat buat kita.. insyaallah....

Beberapa hari lalu, sejenak saya termenung di depan komputer... termangu menatap papan pengingat "jejak langkah kami..".. hmmm... 5 hari lagi, tetapi ingatan saya justru terlempar pada kejadian demi kejadian sekian tahun ke belakang... more than 15 years ago... ketika saya masih menjadi mahasiswa baru yang pada suatu sore bertemu dengan 2 orang kakak kelas, yang mengenali saya karena ada logo SMA di kaos yang sedang saya pakai... tanpa saya tau nama mereka, demikian juga mereka.... just say hi.. and that's over... nothing special...

Saya baru tau nama mereka ketika saya cerita ke temen, yang ternyata dari sanalah mereka ketika berpapasan dengan saya... hmm.. sebuah kebetulan yang ternyata menjadi awal dari semua kisah kami... gak asik banget.. kenalan kok gara-gara liat logo SMA yang sama.... di jalan, pula... say hai-nya juga sambil teriak-teriak... norse gak sih....hehehe...

Singkat cerita, beberapa hari kemudian, kami, 4 mahasiswi baru ini main ke tempat kost para kakak kelas (tepatnya sih diundang).. rupanya mereka ngumpul di satu rumah, kecuali satu orang.. disambutlah kami di sana (hmm... mungkin baru angkatan kami kali ya adik kelas mereka yang cewek... huehehehe.... pantesan "sok" ramah semuah...). Dari semua kakak kelas yang kami temui, kesan pertama kami, ohh... mereka baik, ramah.. kecuali satu orang.. yup, betul, satu orang yang asli cuekkk... banget... salah satu orang yang ketemu saya beberapa hari sebelumnya itu... just shake his hand with us, trus nyelonong aja gitu.. gak ada basa-basinya blass... ihh.. ngeliat seperti itu, saya (gak tau yang lain) jadi ngerasa.. nih orang kok aneh banget sih... mbok nyapa kek, atau ikut ngumpul kek... main nyelonong ajah... padahal waktu salaman, saya dengan manisnya bilang gini.. "saya ambar, yang kemaren ketemu di jalan sore-sore itu lho..." tau gak balesannya.. cuma ngomong "ohhh..." gitu doanggg???? trus nyalamin yang lain dan berlaluuuuu..... huaaaa... emang enak dicuekin.... gubrakkksss dehhhh..... Mungkin tampang saya aneh kali ya, soalnya setelah itu ada temennya yang bilang gini ke saya..."yang barusan tadi namanya Nanang, kostnya di sebelah.. udah punya cewek dia...". Lhah, kita (saya aja kaleee..) yang denger jadi nyengir ajah.. ohhh... kalo udah punya cewek trus cuek gitu ya.... gak mau kenal sama yang lain lagi... oke dehhhh.... kita kan ke sini juga bukan nyari cowok, massss.... hehehehe.. bete abis tuh ngeliat "si mas yang udah punya cewek itu..."

As time goes by... kisah dengan si mas yang cuek bebek tidak berlanjut.. sekali lagi nothing special.. hanya sebatas kakak kelas dan adik kelas yang berasal dari SMA yang sama, yang sesekali ketemu juga cuma say hi ajah... yang jelas sih saya agak-agak bete aja sama dia, abisnya dia tuh cueknya ampun-ampunan, belum lagi ada beberapa kali kejadian yang bikin saya makin bete surete aja sama dia... hmm.. kayanya mendingan jangan sering-sering berhubungan deh, daripada keseringan sakit ati... hohohoho.... Jadi, yaaa... gitu deh, saya dengan urusan saya sendiri, sementara dia juga dengan urusannya... sampai akhirnya setaun hampir berlalu dan saya sudah menjelang naik ke tingkat dua.. si Mas, tentu udah mau lulus donggg... but who care? hehehehe.... Sempet denger sih, pas wisuda beliau ini didampingi ceweknya.. yaaa... baguslah, berarti kan hubungan mereka serius, gitu lho...

Liburan kenaikan tingkat, sebulan lebih saya di Solo... hmmm... saya kok agak lupa-lupa ingat ya, awalnya gimana kok bisa jadi sering keep in touch dengan mas Nanang ini... ada beberapa kejadian, tidak saling berkaitan, tapi selalu melibatkan saya dan dia... dari situ, saya mulai sering ngobrol, banyakan sih saya yang minta saran, nasehat.. cieee.... tuwir banget kaleee.... ya iyalahhh... kuliah di kampus kami itu tiap saat selalu ketakutan kalo DO.. nah, sebagai pemula yang baru menginjak tahun ke dua, apalagi saya dapet dosen yang selalu siap sedia dengan senang hati men-DO-kan mahasiswanya... saya perlu dong minta pandangan dan masukan dari senior... udah terbukti lulus kan... hehehehe... jadi rasanya saya dateng ke orang yang tepat deh.... tapi suerrrr... gak ada perasaan apa-apa lho, cuma curhat biasa aja, soal masa-masa sulit kuliah... gimana tips and trik ngerjain ujian akuntansi yang audzubillah... tapi ehm..ehm... lama-lama jadi curhat urusan yang lain juga sihhhh.... hehehe.... dan satu lagi, sumpeh... waktu itu saya berpredikat "high quality jomblo"... suerrrr... gak bo'ong... jadi saya bebas dong berteman dengan siapa ajah.. kan tidak sedang terikat dengan siapapun (huhhh... bikin esmosi ajah....)

Nopember 1994,
Tahun ke 2 kuliah... bertepatan dengan hari-hari menjelang keberangkatan Mas Nanang ke Kalimatan Timur. Di Jakarta, Mas Nanang masih punya waktu beberapa hari sebelum berangkat ke Samarinda.. Kami, adik-adiknya, pengen ngasih kenang-kenangan buat si Mas.. saya ingat sekali, saya beli mug, harganya 2500 perak, di matahari cipulir plaza.. di mug itu ada tulisannya "Friendship is forever..." masih ada panjangnya lagi, tapi saya gak inget... Sebelum berangkat, rencananya Mas Nanang mau nraktir kami berempat. Sayangnya, malam itu saya gak bisa ikut, jadilah yang ditraktir cuma 3 temen saya.. Nah, karena saya ketinggalan, besok malemnya giliran saya ditraktir Mas Nanang, dan ternyata di hari itu 3 temen saya gak bisa ikutan (plis deyyy.... dulu itu emang beneran gak bisa atau udah diatur sihhh??? hihihi...). Akhirnya, malem terakhir mas Nanang di Jakarta, saya ditraktir, berdua aja.. hohoho… agak gak enak juga sih, tapiii… sudahlah, ini kan di luar rencana.. tadinya kan mau rame-rame.. Makan di Bintaro Plaza (di Bakmi GK kan yaaa…), trus pulangnya jalan kaki ke kost-an. Saya kasih kenang-kenangan ke mas nanang, dan ternyata dia juga udah nyiapin kenang-kenangan buat kami (yang buat 3 temen saya udah dikasih kemaren). Untuk temen-temen, isinya tuh barang lucu-lucuan, kaya sikat gigi, indomie.. gitu lah.. lha giliran saya dapetnya kaset kompilasi chrisye yang isinya lagu-lagu mellow yellow.. (pssttt.. pas saya nulis ini, saya sambil dengerin lagu-lagunya chrisye persis seperti yang diberikan ke saya dulu lho, dengerinnya dari file computer saya… wuiiihhhh… demi menghadirkan chemistry sekian taun lalu… deuuhhhh… ). Saya agak bingung juga tuh, apa kaset lagu-lagu mellow ini termasuk dalam kategori lucu-lucuan juga ya? Di mana unsur lucunya? Sampai sekarang belum terjawab.. hehehe…

Besoknya, ketika bangun, saya buka jendela, dan secara refleks saya langsung melihat ke atas.. ya, saat itu, mas nanang sedang ada di pesawat yang membawanya ke Kalimantan… hmm… selamat jalan, Mas… take care… Ada rasa kehilangan yang entah kenapa hadir di hati saya… saya seperti kehilangan seseorang yang baru aja menjadi temen ngobrol saya yang asik.. yang nasehat-nasehatnya sering membuat saya terbengong-bengong dan acungi jempol… but that’s all… stop… segitu aja… gak boleh mikir yang enggak-enggak… dia udah punya calon lho… warning itu selalu menyala di kepala saya… oke…. dehhh… saya cuma simpati dan mikir aja, ini cowok lugu banget.. setia banget sama ceweknya (inget pertama kali kami kenalan, kan?)..hmmm… tapi ternyata dia gak cuek-cuek banget kok sama saya... asik juga temenan sama dia...orangnya perhatian banget, gitu aja kesan saya tentang dia waktu itu, tidak lebih dan tidak kurang... hehehe, udah beda banget ya sama kesan pertama kenalan dulu...

Beberapa hari kemudian, ada surat dari Mas Nanang buat kami berempat. Jadilah surat itu beredar diantara kami... isinya sih standar, ngabarin kalo udah nyampe samarinda, bla..bla..bla… Nah, karena menurut temen-temen tulisan saya itu yang paling bisa dibaca, dan kebetulan memang saya suka menulis, jadilah saya mewakili temen-temen balesin surat dari jauh itu… satu dua kali masih ditujukan ke kami berempat.. tapi lama-lama kok jadi surat pribadi ya?? Hihihi… dan kayanya juga temen-temen saya udah mulai bosen kali ya berkirim kabar mulu… akhirnya tinggal kabar saya aja yang rutin ditulis… hohohoho…. Kebetulan yang sangat kebetulan…. Kegiatan surat menyurat ini berlangsung lumayan lama juga… dan lama-lama frekuensinya makin sering… belakangan saya baru tau dari mas Nanang, that sebenernya dia udah putus sama ceweknya (whattt??? Padahal saya melihat hubungan mereka itu udah serius banget lho… gak nyangka bisa berakhir seperti itu…). Saya gak nanya sih penyebab putusnya mereka.. it’s not my bussines… palingan standar aja kalimat saya waktu itu…. Yaa.. yang menguatkan hati lah..namanya juga abis putus, pasti sedih donggg…

Jomblo ketemu jomblo... jadinya kegiatan surat-menyurat makin seru aja deh.. dan ternyata saya semakin menikmati lho… sekali berkirim surat, bisa berlembar-lembar.. cerita tentang apa aja.. mulai dari yang serius sampe yang hahahihi… komplit kaya nasi rames… surat mas nanang baru absen kalo dia sedang tugas ke luar daerah… tapi abis itu rapelan nulis suratnya… hehehe… saya inget, surat kami itu udah kaya diary.. ditulis tiap hari dan baru dikirim setelah terkumpul selama seminggu… kaya jurnal harian… mulai deh tiap hari rabu dan sabtu (itu hari-hari tukang pos datang… hohoho… maklum, saya kost di kampung), saya deg-degan, nungguin surat dari samarinda… hmmm… did he feel the same?? (ntar nanya yang bersangkutan ah… hehehe).
Lama-lama kok mulai ada aroma-aroma yang “tidak biasa” ya… hmmm… kayanya pelan tapi pasti saya mulai fallin in love again nih… gak nyangka euyyy... Finally, 17 Februari 1995, si Mas nembak saya (dorrr...)… saya sempet ngulur-ngulur waktu, agak lama juga sih... mikir-mikir dulu... muter-muter dulu gak jelas... kalo nurutin hati sih maunya iya aja, tapiiii.... saya masih ragu-ragu, masih takut kalo pacaran lagi, ntar putus lagi gimana dong... capek sakit hati mulu.... Hebatnya, selama saya muter-muter gak jelas ini, si Mas tetep kekeuh sumekeuh aja tuh... meskipun saya bilang, tunggu aja sampai saya siap.. entah kapan.... huaaa.... mantaf gak tuhhh.... Akhirnya saya yang capek muter-muter mulu... so, jadiin aja deh... hehehe... Oh ya, acara tembak menambak dilakukan lewat surat lho.. soalnya kan saya di jakarta, dia di samarinda... siap-siap aja deh bakalan pacaran jarak jauh... bismillah...

#1995-1999#
Episode pacaran jarak jauh pun kami jalani... mulai dari Jakarta Samarinda, trus Semarang Samarinda, dan terakhir Semarang Jakarta... Bener-bener antar kota antar propinsi... hehehehe... kaya bis ajah....
Selama rentang waktu itu, ada banyak kejadian yang kita jalani bersama (bersama?? jarak jauh kalee...), tapi yang jelas sempat ada kejadian yang membuat saya hampir kehilangan mas nanang, dan itu semua terjadi benar-benar karena kesalahan saya.. what a silly thing.... kesalahan yang sangat fatal, yang tidak pernah saya pikirkan akibatnya... arggghhh... kalo bisa saya menghapus satu episode itu dalam kehidupan saya, ingin rasanya saya menebusnya dengan apapun... sesal itu masih ada sampai sekarang dan sepertinya masih akan terus ada selama sisa hidup saya.. mengingatkan saya bahwa saya pernah melakukan kesalahan besar dan saya tidak ingin itu terjadi lagi sampai kapanpun... Tapi dari satu kejadian itu, meskipun sangat menyakitkan, ada satu hikmah besar yang bisa saya ambil... itulah titik balik hubungan saya dan mas nanang... kejadian itu membuka mata saya, betapa Mas Nanang tidak main-main dalam menjalin hubungan dengan saya.. bahwa mas nanang begitu serius dengan perasaannya kepada saya.. dan saya bisa melihat ketulusan hatinya... ahhh... saya semakin merasa berdosa telah membuat hati yang tulus itu terluka begitu dalam... ketika saya merasa bahwa semua akan berakhir setelah kejadian ini, ternyata mas nanang tidak melakukannya... dan saya tidak jadi kehilangan dia.. duuhhh Gustiii.... dengan apa saya harus membalas semua ini.....

Hari-hari kami tak selamanya merah jambu... pasang surut kaya air laut... hehehe... Kalo lagi banyak errornya, saya kerap kali berurai air mata ketika mood saya sedang tidak bagus dan menjadi tidak ikhlas menjalani semua ini... nangis bombay udah gak keitung berapa banyaknya... seolah-olah saya punya banyak sekali stok air mata yang siap untuk ditumpahkan kapan saja... hehehehe.... marah, uring-uringan, ngambek-ngambekan.. jadi selingan rutin diantara hari-hari merah jambu kami. Tapi kalo lagi asik, jangand itanya dehhh.... si Mas ini sering banget bikin kejutan lho... misalnya tiba-tiba, gak ada hujan gak ada angin, tiba-tiba dia bisa nongol di depan pintu kost-an saya... terbang dari samarinda ke jakarta, cuma buat malem mingguan sama saya... huhuhu... so sweet.... dan itu gak cuma sekali..... duuhhh... gimana saya gak makin jatuh cinta.. ehm..ehm... belum lagi jauh-jauh dari kalimantan, ngirim paket yang isinya wafer yang dia beli di perbatasan malaysia... atau barang-barang sepele tapi bisa bikin hati berbunga-bunga... hmmm... padahal saya gak pernah ngirim apa-apa ke sana selain mengirim cinta saya... hohohoho.... jadi senyum-senyum sendiri nih kalo inget jaman-jaman itu...
September 1997 Mas Nanang kembali ke Jakarta karena ketrima D4... alhamdulillah... semakin dekat dengan tenggat waktu yang diberikan oleh orangtua sebelum ada ijin untuk menikah... huhuyyy.... dari awal sih memang kami berniat serius dengan hubungan ini.. tapi ada permintaan dari orangtua, supaya Mas Nanang selesai sekolah dulu baru boleh nikah... kebayang kan, gimana leganya kami mas Nanang ketrima di D4... tinggal belajar yang bener, cepet lulus, nikah dehhh....

19 Juni 1999, 10.20wib
"Saya terima nikahnya, kawinnya Ambar Hidayati binti Slamet Sudibyo dengan mas kawin seperangkat alat sholat dan uang sebesar Rp. 190.699 tunai" diucapkan Mas Nanang dengan lantang dalam satu tarikan nafas... Alhamdulillah... akhirnya niat baik kami terlaksana sudah....

Babak baru kehidupan telah kami jelang... Anugerah terindah telah Allah berikan ... Nisrina Mozza Khairunnisa Ariseno, gadis kecil yang Allah titipkan kepada kami untuk kami bimbing dan jaga sebaik yang kami bisa, sekuat yang kami mampu... untuk kami pertanggungjawabkan di hadapanNya kelak...
Hari ini, 10 tahun sudah kami berjalan bersama, meskipun kadang tertatih kami melangkah, tapi insyaallah kami akan tetap terus bergandengan tangan, menatap ke depan dan terus melangkah, karena masih ada berpuluh tahun lagi di depan sana yang akan kami jelang... Terima kasih kami ya Allah, karenaMu kami dapat berdiri di sini, dengan semua yang telah kami miliki... kalau boleh kami meminta ya Allah, senantiasa bimbing langkah kami, agar kami selalu ingat bahwa semua ini tak akan bisa kami jalani tanpa kehendakMu... Aminnn...
Jakarta, June 19 2009
After 10 years......
With all my deepest love...

3 komentar:

Sri Rahayuningsih mengatakan...

Duh..asik banget baca cerita curhatmu Mbar...Happy Anniversary ya......

ambar ariseno mengatakan...

Niningggg.... I miss u..... Makacih..makacih.. udah mampir ke sini....

aris handoko mengatakan...

hehehehehehe......
haduhhh co cweet... bu ambar..
very very sweet long story...hehe