Jejak Langkah Kami...

Selasa, 04 November 2008

Nisa dan Uang 100 ribu

Sebenernya ini cerita udah lama, pas kami liburan lebaran di Solo bulan lalu.Sehari sebelum balik ke Jakarta, saya harus berkeliling ke beberapa tempat untuk membeli oleh-oleh.. dan Nisa tuh paling gak suka dengan ritual ini.. capek katanya. Dia lebih memilih untuk pergi ke Time Zone aja dengan tante Ninik.OKe, no problem.. Jadilah kami masing-masing punya acara sendiri-sendiri. Awalnya Nisa saya bekali uang 50ribu, buat isi kartu timezone. Tapi kemudian Ayahnya ngingetin saya untuk nambahin uangnya buat kalau-kalau mereka pengen beli-beli makanan atau apalah... Akhirnya ditambahlah uangnya jadi 100 ribu, dengan pesan: buat ke timezone sama traktir tante Ninik ya...Singkat cerita, pas kami udah sama-sama pulang, saya tanya Nisa:
Ibu : Gimana, seneng ke timezone?
Nisa : Iya, tadi seru banget. Aku dapet hadiah banyak. Nih liat.. (sambil ngeluarin hadiah yang dia dapet dari timezone)
Ibu : Wah, hebat dong... Trus tadi makan gak?
Nisa : Iya, di Pizza Hut
Ibu : Emang uang Nisa cukup?
Nisa : Kan ditraktir sama tante Ninik
Ibu : Lho.. kok bukan Nisa yang traktir? Uang Nisa masih sisa berapa?
Nisa : Abis
Ibu : Kok abis? Buat beli apa aja? (mulai curiga deh... soalnya pulang dari timezone nisa cuma bawa hadiah-hadiah aja)
Nisa : Buat main di timezone (jawabnya nyante banget... tanpa rasa bersalah...)Ibu : Semua????
Nisa : Iya, semua...
Ibu : %$#&*^$%@.... (asli, syok dengernya.. seumur-umur kalo main ke timezone itu paling banyak ngabisin 50 ribu aja.. lha ini 100 ribu langsung bablas dengan suksessss...)
Ibu : (setelah pulih dari syok... hehehe) Kan tadi ibu udah bilang, uangnya sekalian buat traktir tante Ninik juga, kok malah dihabisin di timezone sih?
Nisa : Emang tadi ibu bilang gitu? Kok aku gak denger... Aku pikir aku dikasih uang segitu ya udah aku pake buat main semua...
Ibu : %$#&*^$%@ lagi.... (geregetan tapi gak bisa ngomong lagi... duh Gustiiii... anakku kok segitu polosnya....)

Tapi kalo mau dipikir-pikir dari kejadian itu, mungkin saya punya andil salah juga.. Nisa itu dari kecil gak pernah saya biasakan pegang uang, jadi mungkin sampe sekarang tuh dia belum ngerti bener tentang nilai uang yang sebenarnya... Di rumah bisa dibilang Nisa gak pernah jajan, apalagi di sekolah.. dia hanya makan bekal dari rumah. Kalopun pengen beli sesuatu, biasanya dia bilang ke saya, kemudian saya yang membelikan.

Akhirnya saya mencoba menjelaskan arti uang 100 ribu itu dengan memberikan perbandingan. Selama ini Nisa mendapatkan reward 5000 rupiah setiap kali mengerjakan Kumon lebih baik dari sebelumnya. Nah, saya bilang, uang 100ribu itu sama dengan Nisa mengerjakan Kumon 20 kali, kalau sehari mengerjakan 1 kali, berarti itu hasil jerih payah Nisa mengerjakan Kumon selama 20 hari.

Perbandingan lainnya, ramadhan kemarin, setiap kali Nisa puasa penuh 1 hari, rewardnya 5000 rupiah. Jadi uang 100 ribu itu senilai dengan Nisa puasa selama 20 hari..hampir 1 bulan..
Dan perbandingan-perbandingan lainnya.... Baru deh dia bisa ngerti, bahwa untuk mendapatkan uang sebesar itu, dia harus melakukan usaha tertentu, dan dia tau itu tidak mudah.. tapi di sisi lain, dia dengan mudah menghabiskan uang yang didapatkan dengan suah payah dalam waktu tidak sampai satu jam.

Hmm... mudah-mudahan penjelasan saya ini bisa dimengerti oleh Nisa...

Tidak ada komentar: