Jejak Langkah Kami...

Jumat, 27 Juni 2008

Cerita Tentang Nisa

Semalem saya ngobrol dengan Nisa..biasalah..obrolan ringan sepulang saya dari kantor.. Awalnya saya cerita kalau KRL yang biasa saya tumpangi pulang kantor tidak jalan karena ada trouble..terus saya memutuskan untuk naik taksi saja langsung ke rumah.
Saya (S) : Tadi ibu pulang naik taksi lho...
Nisa (N): Emang keretanya kenapa?
S : Gak jalan, katanya lagi ada trouble
N : Sama siapa naik taksinya? Kenapa gak bareng Ayah aja?
S : Ya sendiri lah... Ayahnya pulang malem, kuliah dulu...
Sebenernya tadi tuh ada temen ibu yang nawarin bareng, bapak-bapak sih, tapi ibu
gak mau, gak enak, cuma berdua aja...gak enak sama Ayah, mendingan ibu naik
taksi aja sendiri
Si Mbak: Bukannya Bapak juga suka ngasih tumpangan ke temennya yang cewek, Bu?
S : Iya sih...tapi... (belum selesai saya ngomong, tiba-tiba Nisa yang tadinya asik baca buku sambil tiduran langsung bangun, dan dengan mata terbelalak berkomentar..)
N : Ayah??? Nganterin cewek? Aku tidak menyangka....Berarti Ayah sudah tidak memperdulikan Ibu lagi dong???? Ahh, Ayah ternyata ya.....(sambil geleng-geleng kepala dengan mimik serius...)
Whaaaa....anakkuuu.....kok bisanya dia berkomentar spontan begitu....tua banget gak sih...saya kaget juga dengernya, tapi pengen ketawa juga...kok ya dia bisa punya pikiran seperti itu...tinggal saya yang kebingungan untuk meluruskan keadaan...
Saya : Begini, Nisa...tadi Ibu belum selesai bicara..maksud Ibu, Ayah memang beberapa kali ditebengin temennya, perempuan sih, tapi kondisinya waktu itu mereka pulang dari kantor udah menjelang dini hari..kan rawan kalo perempuan pulang dini hari begitu sendirian..makanya Ayah kasih tebengan ke temennya. Itu juga kadang-kadang aja, sering juga temen Ayah bareng temen yang lainnya juga kok...
Nisa : Kalau gitu, Bu...(masih dengan mimik serius banget...), seharusnya Ibu tadi gak usah naik taksi, tapi nebeng aja sama temen Ibu yang tadi nawarin...biar sama...itu baru adil...kalo kaya gini Ayah yang gak adil dong sama ibu....
Gubrakkkssss....pingsan deh...anak sekarang gitu loh....
Saya : Ya gak lah...beda dong, adil itu tidak harus sama...tadi kan masih sore, masih banyak kendaraan lainnya, ibu masih berani naik taksi sendiri..lagian lebih enak kan kalo tidak tergantung sama orang lain... Ibu sering bilang juga kan sama Nisa, selama kita masih bisa berusaha sendiri, tidak boleh kita bergantung sama orang lain...nah, ini juga gitu..Ibu masih bisa pulang sendiri, jadi ibu tidak nebeng temen..tapi temennya Ayah tidak memungkinkan untuk pulang sendiri karena kemaleman..jadi nebeng ke Ayah.....kondisinya karena terpaksa... lagian Ayah juga udah bilang kok ke Ibu...
Nisa : Oooo.... (sambil ngangguk-ngangguk..tapi masih dengan muka bengong gitu...)
Saya : Ya sudah, kalau belum puas, nanti Nisa bisa nanya, klarifikasi ke Ayah soal ini..oke??
Nisa : Iya deh...(udah mulai bisa nyengir...)
Fyuuuhhhh....ngomong dengan anak sekarang gak bisa pake pokoknya...harus reasonable...kalau gak, siap-siap aja deh dicecar terus sampai dia puas dengan penjelasan kita...
"Mom, give me your reason...." sering banget diucapkan Nisa kalo saya menyuruh atau melarang dia untuk melakukan sesuatu...tapi gak masalah sih buat kami, memang menurut kami, sudah seharusnya anak dari kecil dibiasakan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu itu dengan suatu alasan..
Jadi gak ada ceritanya tuh kalo ditanya mengapa kamu memilih ini, trus bilang gak punya alasan apa-apa....pokoknya suka ajah...whaaa....gak bisa tuh....
Pas Ayah pulang, saya cerita kalo Nisa protes...bla..bla..bla.. Ayahnya ketawa aja..terus saya bilang, tuh Nisa mau minta klarifikasi dari Ayah...
Terus Ayah ngejelasin ke Nisa, intinya sama dengan yang saya jelaskan juga...akhirnya Nisa bisa ngerti juga....
Poin penting buat saya dari obrolan semalem...ternyata Nisa sudah mulai bisa menangkap "nilai" yang selama ini kami terapkan..bahwa:
  1. Adil itu tidak harus sama
  2. Sebisa mungkin tidak tergantung dengan orang lain, kalau bisa sendiri kenapa harus minta bantuan orang lain?
  3. Berduaan saja dengan lawan jenis tanpa alasan yang sangat mendesak (baca: terpaksaaaaa bangetttt) itu sebisa mungkin dihindari
Nahh...semoga dari sesuatu yang kecil seperti ini, Nisa bisa lebih bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri ketika dia dewasa nanti...Aminn...
Nisa, we're proud of you....

Tidak ada komentar: